Website HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB

BERGEMBIRA DAN BERSUKACITALAH DIHADAPAN ALLAH

Foto bersama para Panitia,Ketua Umum Panitia, Bapak St.Sudirman Nainggolan, Bapak Pdt Resort, Pdt Nekson M. Simanjuntak, MTh, Artis Bapak Viktor Hutabarat, Tokoh Jemaat Bapak Ir. Saibun Sinaga pada Pesta Gotilon HKBP Depok I, Minggu 13 Oktober 2019

Judul diatas merupakan Thema Pesta Gotilon HKBP Depok 1 yang dilaksanakan pada Minggu 13 Oktober 2019. Dengan pesta Gotilon jemaat bersama-sama bersukacita dan bersyukur atas berkat dan kasih karunia yang diperoleh dari Tuhan dan sekaligus mendoakan rencana dan harapan ke depan. Sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan Pelayanan – RIPP  HKBP Depok 1 2018-2027 HKBP Depok 1 menjadikan Pesta Gotilon menjadi agaenda tahunan menjalin kebersamaan bagi seluruh jemaat HKBP yang sedang menyongsong 50 Tahun HKBP Depok 1 Tahun 2027.

Pesta Gotilon tahun ini jumlah jemaat yang hadir semakin bertambah, lebih dari 2500 orang turut hadir mulai dari Anak-anak, Remaja Naposo, Ama dan Ina serta Lansia. Jemaat antusias menghadari Ibadah dan acara hiburan sampai acara berakhir. St Sudirman Nainggolan selaku ketua umum panitia di dampingi St R Manalu (Ketua I bidang Acara), H. Bakara (Ketua II bidang Dana) dan R Simanungkalit (Ketua III bidang Perlengkapan dan sarana pendukung) dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas partisipasi seluruh jemaat, Parhalado dan Panitia yang mendukung acara ini.

Keluarga Ir.Saibun Sinaga dan Ibu Br Silaen saat memberikan sambutan sukacita pada Pesta Gotilon HKBP Depok I, Minggu 13 Oktober 2019

Pesta Gotilon ini adalah sukacita jemaat HKBP Depok 1 dan kemuliaan bagi nama Tuhan. Demikian juga sambutan Pdt Nekson M Simanjuntak selaku pendeta Ressort menekankan Pesta Gotilon harus merupakan sukacita bersama yang dibingkai dalam bentuk pembinaan warga jemaat untuk bertemu bersama dan memperjumpakan seluruh jemaat dari anak-anak hingga lansia. Turut juga menyampaikan terima kasih kepada Parompuan, Pelajar sidi, Remaja dan Naposo karena kerja keras merias gereja dengan dekorasi  buah di depan altar, depan gereja dan photbooth di depan yang sangat indah.

Semua ini adalah ide dan buah dari pekerjaan tangan-tangan kreatif. Berharap juga jika pada tahun lalu prioritas Lansia mengisi Pesta Gotilon, tahun ini ada pesta martumba untuk parimpuan maka tahun berikutnya kita prioritaskan untuk pembinaan remaja – pemuda. Selama Ibadah berlangsung, jemaat menikmati ibadah diiringi musik modern dan musik Batak oleh Tim Musik HKBP Depok 1.  Liturgist dipimpin oleh Pdt Nekson M Simanjuntak, Pdt Juliana Zai dan Pdt Arit Tambunan. Sedangkan Kotbah dilayankan oleh Pdt Janter Tambunan mengutip Mazmur 25:8-15 sukacita dan bahagia orang yang berjalan dijalan Tuhan.

Turut hadir tamu khusus dari Jerman, Keluarga Rev. Johannes Ditthard, Ruth Ditthard dan Hildegard pada Pesta Gotilon HKBP Depok I, Minggu 13 Oktober 2019

Seturut dengan itu beliau menekankan pesta Gotilon dirayakan oleh masyarakat diberbagai belahan dunia, di Amerika dikenal dengan “Thanks Giving Day”, demikian Di Brazil, Canada, Jerman dengan istilah yang berbeda namun tujuannya sama yaitu bersyukur atas angerah Tuhan karena dapat menikmati hasil pekerjaan dan diwujudkan dalam bentuk kasih yang nyata memberi kepada sesama. Jadi kalau ada orang yang berkata ini di kota kenapa harus pesta Gotilon? Bukankah gotlion itu daerah pertanian? Ini adalah suatu pikiran yang keliru, justru apapun professi, pekerjaan kita bersyukur karena dapat menikmati hasil dari pekerjaan kita maSing-masing. Jadi pesta Gotilon mengingatkan kita untuk mensyukuri kasih karunia dari Tuhan bagi pribadi, keluarga dan gereja.

Pada Pesta Gotilon HKBP Depok 1 tahun ini semakin meriah dengan kehadiran tamu khusus dari Jerman: Keluarga Rev Johannes Ditthard, Ruth Ditthard dan Hildegard Ditthard yang sedang mengadakan perkunjungan ke Indonesia. Mereka hadir untuk melihat dan ikut bersama-sama dengan jemaat HKBP  Depok 1 bersukacita merayakan anugerah Tuhan dengan tari, nyanyian dan persembahan syukur khas orang Batak. Dalam mengisi acara hiburan Seksi Acara  yang diketuai oleh Elseria br Simbolon merangkai berbagai kegiatan: ada martumba seminggu sebelumnya, tortor Sekolah Minggu, Tortor Kategorial Lansia, Parompuan dan Ama serta Tortor Kelompok. Dalam acara hiburan secara khusus diundang Artis Batak Viktor Hutabarat yang melantunkan lagu-lagu pujian dan lagu-lagu Batak yang sangat populer dikalangan orang Batak.

Seluruh persembahan dikumpulkan dan dicatat dengan baik oleh Seksi Dana yang dikomandoi Sdr Hisar Sinurat dan laporan bendahara St Rahma Silaen  pada acara penutupan dana persembahan jemaat yang terkumpul mencapai Rp 917 juta lebih. Pesta Gotilon tahun 2019 ini benar-benar bersukacita karena berbagai anugerah yang telah diterima oleh jemaat melalui kebersamaan termasuk spontanitas berbagai hadiah berupa doorprize: satu unit sepeda motor, sepeda gunung, kullkas, mesin suci, HP dll merupakan sumbangan jemaat. Terima kasih kepada Tuhan atas berkat dan karunia-Nya, biarlah seluruh jemaat bergembira dan bersukacita dihadapan Tuhan. Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak, MTh  ( disunting Pdt Ligat Simbolon, STh pengelola Website )

 

 

About Distrik Deboskab

Website resmi HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB (Depok - Bogor - Sukabumi - Kalimantan Barat)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.