Website HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB

HKBP Cinere Distrik XXVIII Deboskab Sukses Laksanakan Upacara Bendera dan Ibadah Syukur HUT RI Ke-74

HKBP Cinere sukses laksanakan Upacara Bendera dan Ibadah Syukur Hari Ulang Tahun ( HUT ) Republik Indonesia yang Ke-74 di halaman kompleks gereja dan dilanjutkan dengan ibadah di dalam gereja, Sabtu, 17 Agustus 2019. Upacara Bendera dilaksanakan mulai pukul 07.30 Wib di halaman depan gereja yang dipimpin oleh Pdt.HKBP Resort Cinere, Pdt.Drs. Pilian Panjaitan, M.Div sebagai Inspektur Upacara dan Ardiman Simanjuntak ( pemuda / NHKBP) sebagai Komandan Upacara. Seluruh rangkaian Upacara Bendera berlangsung terasa hikmat dan penuh suasana penghormatan mengingat tonggak sejarah dan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia dari awal sampai akhir. Suasana semangat juang dan penghormatan terasa ketika saat penaikan Bendera Merah Putih oleh penggerak bendera dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan diiringi musik sound.

Upacara Bendera HUT RI Ke-74 di HKBP Cinere, Sabtu 17 Agustus 2019 pukul 07.30 Wib. Inspektur Upacara Pdt.Res.Cinere, Pdt.Drs Pilian Panjaitan, M.Div

Penggerak Bendera dilaksanakan oleh Sonia Pandiangan, Hermanto Simanullang dan Abraham Nainggolan ( Ketiganya adalah Pemuda / NHKBP ) dan Dirigent Lagu dipimpin oleh Putri Napitupulu. Bendera Merah Putih tuntas dan lancar sampai ke puncaknya seirama dengan lagu Indonesia Raya hingga selesai. Demikian dilanjutkan dengan komando sikap badan dan sikap gerak tangan penghormatan kepada Bendera Sang Merah Putih oleh Komandan Upacara. Seterusnya dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan pembacaan Pancasila oleh Inspektur Upacara didampingi oleh ajudan Hermanto Purba, pembacaan UUD oleh Bintang Sibarani, Pembacaan Proklamasi dan Doa oleh Raymond Siagian. Dan dibantu oleh perlengkapan / soundman oleh Irianto Lumbangaol. Upacara Bendera dihadiri sekitar lima puluh orang jemaat yang di antaranya ada dari kaum kategorial lansia, punguan parompuan, beberapa majelis dan punguan Remaja dan Pemuda/Naposobulung HKBP Cinere.  Punguan Lansia ikut ambil bagian menyumbangkan lagu kebangsaan dengan menyanyikan lagu Rayuan Pulau Kelapa menambah semangat Dirgahayu / HUT RI Tahun 2019 ini.

Komandan Upacara, Ardiman Simanjuntak ( NHKBP ) dan Jemaat HKBP Cinere pada Upacara Bendera di HKBP Cinere, Sabtu 17 Agustus 2019

 

Usai Upacara dilanjutkan dengan reses atau istirahat sejenak sekitar lima belas menit sembari makan dan minum bersama yang telah disediakan. Uniknya panitia kecil menyediakan Nasi tumpeng “kemerdekaan” untuk dinikmati bersama. Suasana kegembiraan dan kebahagiaan menyambut HUT RI Ke-74 terasa bagi semua yang hadir sambil berselfi ria.

 

Suasana Jemaat saat Istirahat dan Makan Minum Bersama dengan Nasi Tumpeng usai Upacara Bendera HUT RI Ke-74 di depan Pintu masuk Gereja HKBP Cinere

Usai makan bersama dilanjutkan dengan Ibadah Syukur HUT RI Ke-74 di dalam ruangan gereja. Ibadah dilaksanakan oleh St. YGM Butarbutar    sebagai liturgis dan Pdt. Resort, Pdt Drs. Pilian Panjaitan, M.Div sebagai pengkhotbah pada pukul 09.00 Wib sampai dengan selesai pukul 09.30 wib.  Pdt Drs Pilian Panjaitan dalam khotbahnya diambil dari Kitab Yohanes 8: 36 mengatakan bahwa Kristus telah memerdekakan kita dari dosa dan maut, maka kita pun setiap orang-orang percaya benar-benar merdeka. Oleh sebab itu mari kita menyembah, melayani  dan melakukan apa yang dikehendaki oleh Tuhan yang memerdekakan kita.

Song Leader dan Pemain Musik pada Ibadah Syukur HUT RI Ke-74 di HKBP Cinere, Sabtu 17 Agustus 2019

 

Hidup kita dan setiap langkah kita hendaknya sepadan dengan kehendakNya dan mengisi hidup kita dengan hal-hal kebaikan kepadaNya ditengah-tengah kehidupan dunia ini. Kristus telah memerdekakan kita, karena itu jangan lagi mau “dipenjara atau dijajah’ oleh sifat keinginan-keinginan dosa atau kehidupan di dalam dosa.  Namun baiklah kita hidup oleh ‘Roh Kemerdekaan” itu yakni dengan melakukan kasih, damai sejahtera, kebaikan, kemurahan, kesetiaan kepada si pemberi kemerdekaan itu di dalam setiap hidup orang percaya. Marilah kita membangun iman kita dengan berpegang pada Alkitab, membacanya, menghafalnya, ada terus menerus kerinduan akan memikirkan atau merenungkan Firman Tuhan atau Taurat Tuhan ( Alkitab )  siang dan malam, serta melakukan firmanNya.

 

Pdt HKBP Resort Cinere, Pdt.Drs. Pilian Panjaitan, M.Div pada Khotbah Ibadah Syukur Dirgahayu Republik Indonesia Ke-74 di HKBP Cinere, Sabtu 17 Agustus 2019

 

Ibadah diisi juga dengan Koor Parompuan menambah semangat hidup beribadah saat itu juga. Acara selesai dengan bersalam-salaman penuh sukacita dan penuh persaudaraan. Dan saat bersalaman juga dilaksanakan wawancara oleh Pdt.Ligat Simbolon, STh sebagai wartawan Website Distrik kepada Pdt.Resort Cinere. Dan dihimbau bagi pembaca dapat menonton wawancara tersebut di  Channel Youtube HKBP Distrik XXVIII Deboskab dan dapat men-Subscribenya. ( 01/pdtls )

Suasana Ibadah Syukur HUT RI Ke-74

Dibawah ini Lampiran Wawancara singkat dengan Pdt.Drs.Pilian Panjaitan,M.Div ( Pdt. HKBP Resort Cinere )

 

About Distrik Deboskab

Website resmi HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB (Depok - Bogor - Sukabumi - Kalimantan Barat)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.