Website HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB

HKBP Kirab Remaja Cileungsi Peduli Korban Bencana Banjir Bandang di Sumba – Nusa Tenggara Timur (NTT)

Cileungsi, Bogor – Minggu, (25/4/21) HKBP Kirab Remaja Cileungsi mengumpulkan bantuan sebesar Rp. 8.347.000 untuk membantu korban bencana banjir bandang di Sumba-NTT.

Bencana banjir bandang di Sumba sejak Minggu (4/4/2021) hingga saat ini masih menyisakan pilu bagi warga korban bencana banjir. Rasa pilu itu turut dirasakan oleh seluruh keluarga Sumba di perantauan. Wujud rasa empati itu dinyatakan oleh anak sumba di perantauan dengan mengumpulkan bahan makanan pokok, pakaian dan dana dari berbagai tempat di pulau Jawa, khususnya kota Cileungsi-Bogor.

Aksi sosial keluarga sumba di perantauan disambut baik oleh pendeta resort HKBP Kirab Remaja Cileungsi, Pdt Anwar Nababan. “Kita adalah keluarga dalam Yesus Kristus. Kita diciptakan Allah untuk saling tolong menolong, serta peduli dengan keadaan saudara kita yang terkena bencana. Bentuk dari kepedulian itu harus kita wujud nyatakan dengan mendoakan korban bencana banjir bandang agar dalam perlindungan Tuhan serta memberikan sedikit dari yang bisa kita berikan untuk menolong saudara kita. Tidak melihat banyaknya jumlah yang kita beri, tapi sedikit pun itu jika kita beri dengan sukacita akan menjadi berkat bagi kita semua.” Ucap Pdt Anwar dalam sosialisasi dan kotbah minggu siang pukul 10.00 Wib.

Aksi dana dilaksanakan anak-anak Sumba di tiga ibadah Minggu HKBP Kirab Remaja, dimulai pukul 06.00 Wib, pukul 10.00 Wib dan pukul 16.00 Wib. “Masa Pandemik tidak membuat semangat memberi dari warga jemaat HKBP Kirab Remaja menjadi surut. Terbukti dalam 3 kali jam ibadah Minggu di HKBP Kirab Remaja bisa mengumpulkan dana sosial sebanyak Rp. 8. 347. 000 – Delapan Juta Tiga Ratus Empat Puluh Tujuh Ribu Rupiah. Kiranya sumbangan ini bisa dipakai untuk menolong saudara di Sumba.” Ucap Pdt Anwar Nababan.

Anak-anak sumba di perantauan merancang aksi dana dengan kreatip dan cukup menarik perhatian para majelis gereja dan jemaat HKBP Kirab Remaja. Para pemuda sumba ini hadir dengan memperdengarkan lagu-lagu sumba dan NTT. Penampilan anak muda Sumba juga menggunakan pakaian adat Sumba. Dominggus Dangga selaku penggagas berdirinya organisasi ini menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari kegiatan sosial organisasi Persatuan Pemuda Sumba Bogor Bekasi. Organisasi ini menghimpun para pemuda Sumba yang berdomisili di wilayah Bogor dan Bekasi dengan tujuan pengkaderan, edukasi, advokasi dan sosial-budaya. Organisasi ini dibentuk pada 22 Maret 2021 dengan ketua Yermias Bili dan Sekretaris Nobertus Bora. “Saya mewakili seluruh warga Sumba-NTT dan Anak Sumba di perantauan mengucapkan terima kasih kepada seluruh majelis dan warga gereja HKBP Kirab Remaja. Kiranya Tuhan Yesus membalas segala kebaikan hati majelis dan warga gereja, biarlah kita semua dalam perlindungan Tuhan. Khususnya bagi saudara kita yang di NTT kiranya dihiburkan oleh Tuhan Yesus.” Ucap Yermias Bili selaku ketua.

Pada pertemuan terakhir, anak-anak Sumba bersama dengan seluruh majelis gereja berphoto bersama di Altar gereja HKBP Kirab Remaja. Mereka mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada majelis gereja dan seluruh warga jemaat. Bentuk tanda terima kasih dari anak-anak Sumba di perantauan, mereka memberikan sehelai kain selendang khas Sumba, serta mereka beri kepada Pendeta Ressort HKBP Kirab Remaja, selaku pimpinan tertinggi di HKBP Kirab Remaja Cileungsi.

 (Penulis, Pdt Pahala Sihotang, S.Th)

(Photo 1 : Anak-anak Sumba-NTT berphoto bersama pelayan Fulltimer HKBP Kirab Remaja usai ibadah pukul 06.00 Wib)

 

(Photo 1 : Anak-anak Sumba-NTT berphoto bersama pelayan Fulltimer HKBP Kirab Remaja usai ibadah pukul 06.00 Wib)

 

(Photo 1 : Anak-anak Sumba-NTT berphoto bersama pelayan Fulltimer HKBP Kirab Remaja usai ibadah pukul 06.00 Wib)

 

Photo 4 Pemberian Cinderamata berupa kain selendang khas Sumba NTT kepada Pendeta Ressort HKBP Kirab Remaja Cileungsi

About Distrik Deboskab

Website resmi HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB (Depok - Bogor - Sukabumi - Kalimantan Barat)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.