Website HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB

Pelantikan Pengurus Koperasi Distrik Pada Ibadah Konven Distrik Di HKBP Harjamukti Diapresiasi Dengan Sukacita.

  • Pengurus Koperasi Distrik, ” Koperasi Para Mitra Insani PADDUALAPAN ” Dilantik Praeses.
  • Panitia Taon Ulaon Parasinirohaan Menggalang Dana dengan menjual Termos Air Minum.
  • Peserta Pra Konperensi Perempuan dari Deboskab sudah didaftarkan.
  • Peserta Seminar Parhalado HKBP Se-Distrik di Wilayah Debos diharapkan didaftarkan segera.
  • Termos Air Minum di distribusikan ke gereja-gereja sebagai usaha menggalang dana oleh Panitia
  • Pdt Eldarton Simbolon, D.Min memperkenalkan diri berniat mencalonkan diri Calon Kadep.Koinonia.
  • Ibu Praeses memandu Pelatihan menjahit oleh Ibu Pdt Anwar Nababan, MTh Br. Manalu

 

Ibadah Konven Keluarga Pangula na Gok Tingki ( Pelayan Fulltimer ) dan Keluarga Pelayan Pensiun HKBP Distrik XXVIII Deboskab ( Wilayah 1 Debos ) dan Pelantikan Pengurus Koperasi Distrik berlangsung dengan sukacita pada Senin 15 April 2019 di HKBP Harjamukti Res.Paulus Depok pukul 10.00 Wib.  Ibadah dilayani oleh Pdt Merwald Simanjutak, STh sebagai liturgis ( Pimpinan Jemaat HKBP Harjamukti ), Pdt Rintalori Sianturi, MTh ( Pendeta HKBP Resort Paulus Depok ), Pdt Anwar Nababan, MTh ( Anggota MPS ) sebagai pendoa syafaat, dilanjutkan dengan  Acara Pelantikan Pengurus Koperasi Distrik oleh Praeses HKBP, Pdt Drs Berlin Tamba, M.Div dan Pdt Dr Jusen Boangmanalu sebagai pembaca Surat Keputusan ( SK ) Praeses tentang Pengurus Koperasi Distrik.

 

Pdt Merwald Simanjuntak, STh sebagai Liturgis pada Ibadah Konven

 

Pdt Rintalori Sianturi, MTh  khotbahnya yang diambil dari ayat harian saat ini yakni tertulis dalam Yesaya 53 : 11, “ Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatNya, dan kejahatan mereka Dia pikul.”    Beliau mengatakan bahwa kita sudah tiba pada minggu-minggu passion memperingati masa-masa penderitaan Tuhan Yesus menanggung dosa dan kematian manusia. Tuhan Yesus menanggung dosa manusia dan menyelamatkannya sampai di kayu salib di Bukit Golgata. Istilah Ebed Yahweh dalam konteks ini adalah mesias yang tidak lain adalah Tuhan Yesus sendiri. Dialah Sang Juruselamat yang setia dan tunduk atas segala rencana Allah. Kesetiaan dan panggilanNya menyatakan bahwa Allah sungguh-sungguh mengasihi umatNya. Dijalo ibana uhum nasumalim, mangoloi parsuruon ni Ama I sahat na  tarsilang di Golgata. Alai dung salpu I gabe patar ma diida na pasabam rohaNa. Dison do kata kunci di hita.

Pdt Rintalori Sianturi, MTh sebagai Pengkhotbah pada Ibadah Konven

 

Oleh sebab itu perjuangan sekecil apapun itu ketika kita mau berjuang dan setia dalam perjuangan itu maka kita beroleh kemenangan dan merasa lega dan puas. Dihamonangkon parungkilon I manaon na porsuk raphon Tuhan i. Berangkat dari ayat  ini maka baiklah kita menderita karena melakukan panggilan dan kehendak Allah maka disitulah kita puas dan dimenangkan oleh Tuhan. Unang ma hita marungkil alani mangulahon hajahaton. Alai ala mangulahon lomo ni roha ni Tuhan I ma. Marilah kita setia dan makin dengan kepadaNya dalam setiap aktifitas pelayanan kita dan siap menghadapi penderitaan sehingga kita akan dimenangkan dan dibenarkanNya, ucapnya.

Praeses melantik Pengurus Koperasi Distrik yakni Koperasi Para Mitra Insani PADDUALAPAN pada Ibadah Konven di HKBP Harjamukti, Senin 15 April 2019 pukul 10.00 Wib

Usai khotbah dilanjutkan dengan acara Pelantikan Pengurus Koperasi Distrik yakni Koperasi Para Mitra Insaani PADDUALAPAN oleh Praeses. Acara dimulai dengan nyanyian dan para engurus maju ke depan altar dan setelah SK Praeses dibacakan oleh Pdt Dr Jusen Boangmanalu ( Kabid Diakonia ) Praeses melantik pengurus dengan nama Allah Bapa, AnakNya Tuhan Yesus Kristus dan nama Roh Kudus setelah lebih dahulu menerima jawaban dari  sebuah pertanyaan atas kesediaan pengurus menerima tugas tersebut. Adapun susunan  dan nama-nama pengurus yang dilantik adalah Pembina, Praeses; Penasihat Semua Kabid, Semua MPS dan MPSD, Pengawas : Ketua, Ir. Masinton Pangaribuan, Anggota : Eliakim Saragih Sidabalok, Dumaihar Pandapotan Pangaribuan; Pengurus : Ketua, Jhonson Hasibuan,SE., Wkl.Ketua, Junjungan Doloksaribu, Sekretaris I, St.Ev.Drs. Mangahit Sinaga, MM, Sekr.II, Ruwiyanto Hutagaol, SPd, Bendahara, Ir.Marolop Sianipar ; Manager Pemasaran dan Pengembangan, Mervin Simorangkir; Asisten Manager, Frangky Samosir ; Manager Pembelian, Charles Simanjuntak; Manager Logistik dan Distribusi, St Humuntal Simorangkir; Asisten Manager, St Eduard Ependi Nababan.

Ir. Maisnton Pangaribua, Ketua Pengawas Koperasi Distrik( Ketua PAD ) memberikan Kata Sambutan usai dilantik oleh Praeses

 

Bapak Ir.Masinton Pangaribuan usai dilantik dalam kata sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Praeses, Kabid, MPS, MPSD dan seluruh Pelayan Fulltimer mendoakan dan mendukung serta atas terlaksananya pelantikan ini dengan baik. Ada 4 hal yang mau kami sampaikan kepada kita semua.  Pertama bahwa Koperasi ini bernama Koperasi Para Mitra Insani PADDUALAPAN. Bahwa kekuatan koperasi terletak pada anggota. Pengurus tidak berarti apa-apa bila tidak ada anggota. Kedua Koperasi ini adalah koperasi usaha. Maka akan  berlaku kaidah-kaidah dalam usaha ini. Ketentuannya pada anggota dan pemegang sahamnya adalah anggota. Segala peraturan koperasi ini sudah diatur dalam AD/ART yang  masing-masing pengurus dan usaha ada tanggunjawabnya. Ketiga bahwa koperasi ini tidak akan ada ruginya.

Suasana Ibadah Konven

 

Tak ada ruginya bila pengurusnya tidak nakal. Jadi itulah harapan kami supaya kita saling percaya. Jadi sebetulnya  usaha koperasi tidak akan kollaps jika kita menjalankannya dengan baik. Banyak orang pintar dan orang cerdas, tapi tidak semuanya punya ‘hati’. Kita punya motto melayani dengan hati. Keempat bahwa pengurus koperasi tunduk kepada anggota yang ada dalam AD/ART dan sekali setahun ada rapat anggota yang dapat mengevalusi roda kegiatan  koperasi usaha ini. Oleh sebab itu lebih lanjut, kami bersedia ke resort-resort atau gereja-gereja untuk mensosialisasi koperasi ini. Tinggal komunikasi kita dalam hal ini, ucapnya.  Praeses mengapresiasi kata sambutan tersebut dan berharap agar semua mendukung koperasi ini agar semuanya menjadi berkat. Selamat kepada pengurus dan selamat melayani Tuhan, ucapnya.

 

Usai Ibadah dilanjutkan dengan sermon distrik dan informasi distrik dan pelayanan serta rencana pelayanan distrik ke depan. Praeses berikutnya memberi kesempatan kepada semua yang hadir memberi masukan dan pertanyaan.  Semua peserta konven mengaprersiasi atas pelantikan dan kehadiran koperasi distrik. Bahkan diantaranya Pdt Jarudin Panjaitan, STh, MM meminta agar setidaknya ada semacam buku pintar terkait koperasi distrik ini ke depan agar lebih mudah mensosialisasikan ke jemaat. Praeses mengatakan koperasi distrik ini adalah hasil keputusan Sinode Distrik untuk kita laksanakan dan punya dasar yang kuat. Koperasi Usaha ini tidak seperti koperasi-koperasi yang sebelumnya. Marrilah kita doakan, dukung dan sukseskan pendirian koperasi ini dan usahanya ke depan. Agar semuanya menjadi berkat.

Panitia Taon Ulaon Parasinirohaon, Ketua St Jono Siregar, Sekretaris Pdt Nekson Simanjuntak, MTh, dan Ny Bakkara Br Gultom, Koordinator Seksi Dana menyampaikan seputar informasi rencana Panitia dan Programnya termasuk penggalangan dana dengan menjual Termos Air Minum untuk didistribusikan ke Resort-Resort dan Huria-Huria.

 

Usai makan siang bersama  yang sudah dipersiapkan HKBP Harjamukti sekitar satu jam, Praeses memberi kesempatan kepada Panitia Taon Ulaon Parasinirohan Distrik dan Panitia Pra Konperensi Perempuan menyampaikan informasi dan rencana program masing-masing.

 

Panitia Taon Ulaon Parasinirohaon Distrik menjual dan mendistribusikan Termos Air Minum sebagai upaya penggalanan dana ke gereja-gereja di Wilayah 1 Debos.

 

Di saat konven ini hadir pula Pdt Eldarton Simbolon, D.Min dan menyampaikan perkenalan dirinya berniat  menjadi Calon Kepala  Departemen Koinonia untuk periode 2020-2024. Praeses mengijinkan dan mempersilahkan atas kedatangan beliau pada convent tersebut.  Dan Pdt Eldarton Simbolon yang adalah Pendeta HKBP Res.Duren Sawit Distrik DKI Jakarta Raya memperkenalkan dirinya dan informasi keluarganya serta pelayanannya secara singkat.

 

Pdt Eldarton Simbolon, D.Min memperkenalkan diri berniat mencalonkan dirinya sebagai Calon Kadep Koinonia HKBP dan pemberian tanda kasih berupa Pembagian Buku karyanya secara gratis kepada seluruh pelayan fulltimer.

 

Dan diakhir perkenalannya beliau pun memberikan penyerahan  tanda kasih persaudaraan berupa sebuah Buku karyanya sendiri secara gratis kepada seluruh pelayan fulltimer yang hadir maupun yang tidak hadir, yakni bukunya yang berjudul “ Umpama Dan Umpasa Batak Toba Ditinjau Dari Alkitab.”  Beliau menyerahkan buku tersebut kepada Praeses secara simbolis dan pembagian buku kepada yang hadir dijalankan oleh Pdt. Pison Sinambela, STh  dan Pdt Sihar Pandiangan, STh  pada saat itu juga.  Praeses mengucapkan terimakasih kepada Pdt Eldarton Simbolon, D.Min, semoga cita-cita dan harapannya terwujud, serta bertambah-tambah yang bersimpati dan mendukung angginami ate, amin, ucapnya. Di akhir penutupan, Pdt Merwald Simanjuntak mengucapkan sambutan terimakasih sebagai gereja tuan rumah dan Pdt Albert Manalu, STh mengucapkan terimakasih kepada HKBP Harjamukti mewakili peserta konven atas jamuan makan dan pelayanannya sekaligus mengundang peserta untuk datang pada  konven Bulan Mei 2019 berikutnya. Acara ditutup dengan Doa Oleh Pdt Albert Manalu dan kemudian bersalam-salaman kembali pulang ke rumah masing-masing. ( 01/pdtls )

 

Lampiran : 

Dibawah ini ada Video singkat berdurasi 33 detik promosi Termos Air Minum oleh Panitia disampaikan kepada jemaat Se-Distrik. Ayo donk…beli Termos Panitia. Semoga laris manis. Amin. Salam Parasinirohaon dari Panitia.

 

 

 

 

Pdt Eldarton Simbolon, D.Min memperkenalkan diri berniat mencalonkan dirinya Calon Kadep Koinonia HKBP pada periode 2020-2024

 

 

 

Ibu Pdt Anwar Nababan Br Manalu memberikan pelatihan cara menjahit kepada Ibu-Ibu Pelayan Fulltimer yang di dampingi oleh Ibu Praeses di pertemuan tersendiri di sela-sela acara Ibadah Konven di HKBP Harjamukti.

 

Ibu Praeses memandu acara pelatihan cara menjahit kepada para istri pelayan.

 

 

 

 

 

About Distrik Deboskab

Website resmi HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB (Depok - Bogor - Sukabumi - Kalimantan Barat)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.