Website HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB

Praeses Pdt Drs Berlin Tamba,M.Div Resmikan Pospel HKBP Cianjur Resort Sukabumi

Foto Bersama Praeses, Pdt Drs. Berlin Tamba, M.Div dan Ibu Br.Manullang, Pdt HKBP Resort Sukabumi, Pdt Ramli Manurung, M.Div dan Ibu Br Siahaan, , Sekretaris Distrik, St Robert Gultom dan Ibu Br. Hombing, Pengurus PosPel. HKBP Cianjur diantaranya St T.P Sihotang ( Koordinator PosPel ), St T. Manalu ( Bendahara PosPel), St J.E. Rajagukguk ( Bidang Pengembangan PosPel), dan beberapa Tokoh Warga yakni Bapak Sagala dan Bapak Munthe Warga Jemaat Cianjur.

 

Praeses HKBP Distrik XXVIII Deboskab, Pdt Drs Berlin Tamba,M.Div resmikan Pos Pelayanan ( PosPel) HKBP Cianjur Resort Sukabumi pada Ibadah Minggu, 01 September 2019 Jam 10.00 Wib di Aula TNI Yonif Raider 300/BJW Cianjur Jawa Barat. Ibadah peresmian dilaksanakan pada Minggu XI Setelah Trinitatis sesuai  dengan SK Pendeta HKBP Resort Sukabumi, No:002/D.XXVIII-R.09/H-1/SK/VIII/2019 Tentang Penetapan Pos Pelayanan HKBP Cianjur Resort Sukabumi. Pada ibadah tersebut juga dilaksanakan Acara Baptisan Kudus kepada 2 orang Anak ( 1 Perempuan dan 1 lakilaki) dan Acara Peneguhan Sidi sebanyak 3 orang ( 2 laki-laki dan 1 perempuan ) oleh Praeses. Disamping itu juga dilaksanakan  pelantikan fungsionaris / majelis PosPel.

Pelantikan Pengurus PosPel HKBP Cianjur Res. Sukabumi. St. T.P Sihotang sebagai Koordinator Pospel, St T. Manalu sebagai Bendahara dan St. J.E Rajagukguk sebagai Bidang Pengembangan PosPel. Penanggungjawab Pendeta HKBP Resort Sukabumi. Penasihat Praeses HKBP Distrik XXVIII Deboskab.

 

Praeses dalam khotbahnya yang diambil dari Yohanes 6 : 43 – 54, mengatakan bahwa setiap orang percaya agar jangan asal hidup namun hiduplah dalam Firman Tuhan. Tuhan Yesus berkata Akulah Roti Kehidupan menyatakan bahwa Dialah sumber hidup dan kehidupan. Itu berarti memberikan gambaran bahwa Yesus adalah juruselamat yang memberikan kehidupan yang selama-lamanya ( hidup Kekal ). Makanan “peristiwa Manna” hanyalah untuk kebutuhan makan di padang gurun untuk meneruskan/ melanjutkan perjalanan kehidupan yang pada waktu  itu bangsa Israel dalam perjalanan keluar dari bangsa Mesir menuju tujuan ke Tanah Kanaan/Perjanjian.

Baptisan Kudus pada Anak-Anak sebanyak 2 orang dilayani oleh Praeses

Namun Tuhan Yesus lebih dari  makanan Manna itu, Dia memberikan dan meneruskan/melanjutkan  perjalanan kehidupan manusia di dunia ini sampai kepada kehidupan selama-lamanya lewat diriNya, lewat karya penebusanNya, kematian dan kebangkitanNya. Namun diantara orang-orang Yahudi pada konteks khotbah ini tidak memahami ucapan Yesus tersebut  sebagai roti kehidupan, malah mereka bersungut-sungut.

 

Peneguhan Sidi sebanyak 3 orang dilayani oleh Praeses.

Yesus adalah Roti Kehidupan berarti Dialah sumber kehidupan. Oleh sebab itu janganlah kita hanya hidup di dunia ini dengan segala keinginannya. Namun lupa akan kehidupan yang sesungguhnya dan yang sejati yakni Keselamatan Kehidupan itu sendiri di dalam diri Tuhan Yesus, yakni kepada Kehidupan yang selama-lamanya. Marilah kita percaya padaNya. Dialah yang memberikan keajaiban kehidupan. Dia membuka pintu-pintu kehidupan dalam hidup orang percaya. Pintu-pintu berkat diberikan kepada kita, ucapnya.

 

Acara Ibadah Peresmian Pos Pelayanan ( Pos.Pel ) HKBP Cianjur Res.Sukabumi, Minggu 01 September 2019 di Aula TNI Yonif Raider 300/BJW Cianjur Jawa Barat yang diresmikan oleh Praeses HKBP, Pdt Drs.Berlin Tamba,M.Div

Usai Ibadah dilanjutkan dengan kata-kata sambutan, bimbingan Praeses,  ramah-tamah dan makan siang bersama dalam suasana semangat dan sukacita. Jumlah yang hadir sebanyak 43 orang. Pelayan Ibadah diantaranya Pengkhotbah, Praeses, Liturgis Ibadah, Pdt Resort, Pdt Ramli Manurung,M.Div, Pembaca Warta, St T.P Sihotang, Pengumpul Persembahan St. T.M Manalu dan St J.R Rajagukguk. St. T.P Sihotang diangkat menjadi sebagai Koordinator Pospel HKBP Cianjur sesuai dengan penugasan oleh Pdt.Resort Sukabumi. Selama acara peresmian berlangsung dengan baik dan penuh sukacita.

Praeses, Pdt Drs Berlin Tamba,M.Div dan Pdt. Resort Sukabumi, Pdt Ramli Manurung,M.Div, Pengurus PosPel, St. T.P. Sihotang, St. T Manalu dan St J.E. Rajagukguk, Sekretaris Distrik, St R.Gultom foto bersama dengan jemaat yang menerima Baptisan Kudus dan Peneguhan Sidi pada Ibadah Peresmian PosPel HKBP Cianjur Res.Sukabumi, Minggu 01 September 2019

 

Ke depan Pospel ini juga akan berencana mengadakan kegiatan Acara Natal pada Desember 2019. HKBP Sukabumi sejak awal sudah membidani terbentuknya Pospel ini dan akan terus memberikan support pelayanan agar PosPel ini bisa lebih baik dan lebih maju lagi ke depan. Kita doakan semoga makin bertambah warga yang mendaftar dan menjadi bagian dalam pertumbuhan PosPel sebagaimana yang diharapkan bersama. ( Sumber dari Sekdis, St R Gultom dan  Pdt. Ramli Manurung,M.Div ) ( 01/pdtls )

 

Lampiran Sejarah Singkat Pembentukan PosPel HKBP Cianjur  Oleh Pdt Ramli Manurung,M.Div :

Sejarah awal berdirinya POSPEL HKBP cianjur Ressort sukabumi. Pada bulan Juli 2019 Pendeta HKBP Ressort sukabumi bersama St. T. P. Sihotang memimpin ibadah partangiangan syukuran parsahutaon (STM) di Siranjang cianjur dan sebelum pulang ke Sukabumi Pdt. Ramli Manurung bersama keluarga, S. Pak, M. Div , St.T.P Sihotang bersama keluarga manjumpai keluarga Sagala br Silalahi anggota jemaat HKBP Sukabumi yang tinggal di Pasir Ayam cianjur dalam pertemuan tersebut kami meminta bantuan kepada keluarga sagala br silalahi untuk mendata warga batak yang tinggal di cianjur yang belum terdaftar menjadi anggota jemaat di salah satu Gereja yang ada di cianjur. Dengan pertolongan berkat TUHAN usaha tersebut membiarkan hasil dengan terdaftarnya 2 KK dan dan 2 anak sekolah minggu, 4 Naposobulung. Dengan jumlah 8 orang kami memberanikan diri mengadakan Kebaktian pertama di atas nama HKBP di cianjur pada minggu 4 Augustus 2019 bertempat di Kantor koperasi milik Bapak Sinaga warga jemaat HKBP di Jakarta keluarga dari Bapak Sagala Br Silalahi. Sejak Tanggal 4 sampai 25 Augustus 2019 kami melakukan ibadah di Kantor tersebut dengan penuh suka cita, seiring berjalannya waktu sampai minggu 1 September 2019 anggota jemaat POSPEL HKBP Cianjur Ressort Sukabumi bertambah menjadi 6 KK, 10 Napso,  5 anak anak dengan jumlah 27 jiwa. Saat peresmian POSPEL HKBP Cianjur Ressort Sukabumi diadakan Baptisan Anak-anak 2 orang, Naik Sidi 3 orang. Ibadah peresmian POSPEL HKBP Cianjur Ressort Sukabumi dan baptisan, naik sidi dilayani praeses HKBP Distrik XXVIII Deboskab Pdt. Drs. Berlin Tamba,. M. Div dan Pendeta HKBP Ressort sukabumi Pdt. Ramli Manurung, S. Pak, M. Div. Dalam pertemuan tersebut juga dilantik St.. T. P. Sihotang menjadi kordinator POSPEL, St. T. Manalu menjadi bendahara dan St. J. E. Rajagukguk bidang pengembangan POSPEL HKBP Cianjur. Mereka bertanggung jawab kepada Pendeta Ressort HKBP Sukabumi. Ibadah peresmian bertempat di gedung Yonif Raider 300/BJW Cianjur yang di hadiri undangan Kapten. Sitorus dan bapak Ompusunggu keduanya warga masyarakat cianjur. Melalaui bapak Kapten. Sitorus POSPEL HKBP cianjur Ressort sukabumi berkokrdinasi untuk membantu pemakaian gedung yonif raider 300/bjw sampai POSPEL HKBP cianjur Ressort sukabumi mempunyai gedung sendiri dan semoga permohon pemakaian gedung tersebut dapat di account pimpinan battalion yonif raider 300/bjw. Maka Tanggal lahir POSPEL HKBP cianjur Ressort sukabumi 1 September 2019  dan sejak di buka POSPEL HKBP Cianjur Ressort sukabumi yang melayani ibadah. Pendeta Ressort, biv. Hetty Royani Sinaga, St. T. P. Sihotang ,St. T. Manalu,  St. J. E. Rajagukguk.

 

 

 

About Distrik Deboskab

Website resmi HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB (Depok - Bogor - Sukabumi - Kalimantan Barat)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.