Website HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB

Presiden Joko Widodo Dan Praeses Pdt Nekson Simanjuntak, MTh Serta Pdt Dr Tiapul Hutahaean Pendeta HKBP Ressort Cibinong Datang Melayat Beri Penghiburan Kepada Keluarga Duka Almarhum Viktor Sirait

Presiden Jokowi saat melayat dan memberi Penguatan / Penghiburan bagi Keluarga duka Almarhum Viktor Sirait. Tampak Ny.Viktor Sirait Br.Samosir dan anak-anak disamping Presiden.

HKBP Cibinong Ressort Cibinong Distrik XXVIII Deboskab berduka atas meninggalnya Almarhum Bapak Viktor Sirait ( tutup umur 47 Tahun ), seorang warga jemaat HKBP Cibinong pada, Kamis 18 Februari 2021. Almarhum meninggal karena kena serangan jantung dan meninggal di Rumah Sakit Sentra Medika Cibinong pada pukul 03.30 Wib. Kepergian Almarhum membawa kepedihan yang mendalam bagi keluarga duka meninggalkan seorang Istri Heriani Br.Samosir dan dua anak lakilaki, Etan Feniel Marojahan Sirait  ( 10 Tahun ) dan Daniel Hisar Sirait ( 4 Tahun ) demikian juga kepedihan bagi HKBP Cibinong dan masyarakat lainnya yang mengenal almarhum.  Pendeta HKBP Ressort Cibinong, Pdt Dr Tiapul Hutahaean bersama Majelis dan Jemaat pada Jumat 19 Februari 2021 datang ke rumah duka di Kompleks Perumahan Grand Patio Blok.B No. 26 Pondok Rajeg Cibinong mengadakan Acara Penghiburan, jam 15.00 Wib.

Presiden Joko Widodo saat menaikkan doa pribadinya untuk keluarga duka Almarhum Viktor Sirait.

Kemudian dilanjutkan dengan  kedatangan Praeses HKBP Distrik XXVIII Deboskab, Pdt Nekson Simanjuntak, MTh bersama Kabid. Koinonia, Pdt Ligat Simbolon, STh pada jam 16.15 Wib turut melayat dan memberi Kata Penghiburan kepada Keluarga duka. Praeses dalam khotbah penghiburan dikutip dari Kitab Roma 8 ayat 38 mengatakan ” Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita”. Meskipun dirasakan ibu ( Inang ), anak-anak dan keluarga atas kejadian kematian almarhum ini yang mendadak, yang begitu cepat, yang kita rasa kematian Almarhum ini tidak mungkin masuk ke dalam hati kita, yang membuat kesedihan yang mendalam, yang memisahkan kita darinya, namun percayalah KASIH TUHAN Allah kita takkan terpisah dari batin dan hati serta kehidupan Keluarga. Kuat Kuasa dan Kasih KaruniaNya kekal bagi orang yang percaya.  Kita semua jangan putus asa. Mungkin banyak rencana Almarhum kepada Ibu dan anak-anak ke depan. TUHAN Allah pasti menyertai Ibu dan anak-anak dan keluarga duka dan Dia pasti memberi kekuatan menghadapi pergumulan bagi Ibu dan anak-anak sehingga apa yang direncanakan almarhum semasa hidupnya dapat diberkati TUHAN. Kami atas nama semua para Pelayan HKBP se- Distrik dan secara khusus juga dari pesan dari Bapak Pdt Berlin Tamba ( Mantan Praeses ) mengucapkan turut berduka yang sedalam-dalamnya. TUHANlah memberkati dan menguatkan Ibu dan anak-anak semuanya kedepan dan juga keluarga duka, keluarga besar Sirait dan keluarga besar Samosir. Doa kami kiranya acara demi acara sampai acara pemakaman almarhum di kampung di Lumban Nabolon Porsea berjalan dengan lancar mulai dari keberangkatan dan juga sekembalinya keluarga duka pulang ke Cibinong ini, ucap Praeses. Acara ditutup dengan Doa Penguatan oleh Praeses untuk keluarga duka.

Presiden Jokowi saat berfoto bersama dengan keluarga duka Ny.Viktor Sirait dan anak-anaknya, Praeses HKBP Pdt Nekson Simanjuntak, MTh, Pendeta HKBP Ressort Cibinong, Pdt Dr Tiapul Hutahaean dan Pdt Ligat Simbolon, STh ( Kabid.Koinonia )

Selanjutnya sekitar satu jam kemudian pada Jam 17.00 Wib  Presiden Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo datang melayat keluarga duka dan masuk dengan melepas sepatunya memasuki ke dalam ruang rumah Keluarga duka dan di depan  Almarhum Viktor Sirait, Presiden Jokowi langsung memanjatkan doa pribadinya untuk keluarga duka. Usai doa pribadinya, Presiden Jokowi memberi Kata Penghiburan kepada Ny. Viktor Sirait Br. Samosir dan anak-anaknya yang berkabung. Sebelum Presiden Jokowi kembali pulang, tampak Ny. Viktor Sirait mendekat kepada Presiden untuk mengucapkan terimakasih dengan sembari  isak tangis pilu yang mendalam dan anak-anaknya. Presiden Jokowi memberi tanda sentuhan penguatan dengan menyentuh kepala anak-anak almarhum sebelum pamit kembali pulang.  Pada kesempatan itu pula Praeses HKBP Distrik XXVIII Deboskab, Pdt Nekson Simanjuntak, MTh mengucapkan sepatah dua kata terimakasih banyak atas kedatangan Presiden Jokowi. Praeses mengucapkan, ” Kami dari Gereja HKBP mengucapkan banyak terimakasih atas kedatangan Bapak Presiden yang memberi penguatan bagi keluarga duka. Kehadiran Bapak sangat berharga bagi kami dan kita semua. Doa kami kepada Bapak diberkati TUHAN dan dalam keadaan sehat, ucapnya.”

Foto Kenangan semasa Hidup Bapak Viktor Sirait bersama Presiden Jokowi yang tertampang di diding Ruang Tamu keluarga duka.

Pada kesempatan itu juga sebelum Presiden Jokowi  kembali pulang, keluarga memohon ijin sejenak untuk berfoto bersama Ny. Viktor Sirait Br. Samosir dan anak-anaknya, turut pula dengan Bapak Praeses, Pdt Nekson Simanjuntak, MTh, Pendeta HKBP Ressort Cibinong Pdt Dr Tiapul Br Hutahaean, Pdt Ligat Simbolon, STh ( Kabid.Koinonia ). Usai berfoto bersama Presiden Jokowi kembali pulang dengan kembali memakai sepatunya di depan teras pintu masuk yang dikawal oleh Petugas Pengamanan Presiden.

Suasana duka warga yang mengenal sosok Almarhum Viktor Sirait

Presiden Jokowi kembali pulang pada jam 17.20 Wib dengan bersama Petugas Pengamanan Presiden disaksikan para pelayat di luar rumah duka dan sembari semuayang hadir diluar rumah duka  mengucapkan terimakasih Presiden. “Terimakasih Bapak Presiden. Hidup NKRI, Hidup NKRI, Ucap warga yang melayat. Suasana pun menjadi senang dan terharu atas kedatangan Presiden bagi para pelayat yang menyaksikan.

Stensilan Acara Penghiburan dan Pemberangkatan oleh Gereja HKBP Cibinong Ressort Cibinong

Pada sekitar jam 19.00 Wib Almarhum diberangkatkan dari rumah duka menuju ke Bandara untuk persiapan dan esoknya seterusnya dibawa ke Kampung halaman di Desa Dame Lumban nabolon Porsea Kabupaten Toba Sumatera Utara via Pesawat Terbang.  Setibanya Keluarga duka di Lumban Nabolon pada Sabtu, 20 Februari 2021 dilanjutkan dengan Acara Pengkebumian oleh Pelayan Gereja HKBP Lumban Nabolon Distrik IV Toba. Keluarga dekat, family, para pelayat dan para handaitolan kampung turut berduka dan memberi Doa-doa dan Kata-Kata Penghiburan bagi keluarga duka sebelum almarhum dikebumikan.  Almarhum dikebumikan pada Jam. 14.50 Wib. Suasa isak tangis tak terbendung, namun keluarga duka senantiasa kuat dalam doa dan harapan di dalam iman percayanya. Usai dikebumikan dengan rapi keluarga duka berfoto bersama. Perwakilan Keluarga duka menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam proses pengkebumian almarhum dan berterimkasih kepada semua para pelayat menghantar almarhum hingga pemakamannya. Perwakilan Keluarga duka memohon doa-doa dan berharap agar terus mendoakan Ny.Viktor Sirait dan anak-anaknya agar tetap tabah dan kuat menghadapi pergumulan ini. “Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas doa-doa dan penghiburannya bagi kami yang berduka, ucap yang mewakili keluarga duka.” Hal itu disampaikan kepada semua pelayat dan keluarga. Selamat Jalan Ke Rumah Bapa di Sorga kepada yang kami kasihi dan cintai Bapak Viktor Sirait. Tuhan Yesus Memberkati. Amin.
Ditulis oleh Pdt Ligat Simbolon, STh dan Sekretaris Distrik, St. Robert Gultom (*diambil dari lapangan dan dari berbagai sumber )

Keluarga Dekat, Tokoh-Tokoh lainnya, warga Kampung di Desa Lumban Nabolon beserta para pelayat turut berduka menyampaikan doa-doa dan kata-kata penghiburan sebelum Almarhum Viktor Sirait dikebumikan oleh Pelayan Gereja HKBP Lumban Nabolon Distrik IV Toba, Sabtu 20 Februari 2021.

Keluarga Almarhum Viktor Sirait. Tampak Ny. Viktor Sirait, Heriani Br.Samosir beserta 2 anaknya, Ethan Feniel Marojahan Sirait ( 10 Tahun ) dan Daniel Hisar Sirait ( 4 Tahun ) di depan Pusara Almarhum, Sabtu, 20 Februari 2021.

 

Keluarga Besar Almarhum di depan Pusara Viktor Sirait, 20 Februari 2021.

 

HKBP Cibinong Berduka

 

Presiden Jokowi bersama Praeses HKBP Distrik XXVIII Deboskab, Pdt Nekson Simanjuntak, MTh, Pendeta HKBP Ressort Cibinong, Pdt Dr Tiapul Hutahaean dan Pdt Ligat Simbolon, STh ( Kabid.Koinonia) saat di rumah duka, Jumat 19 Februari 2021.

 

Almarhum Viktor Sirait semasa hidup bersama keluarga.

Almarhum Viktor Sirait

 

Ny. Viktor Sirait, Heriani Br Samosir dan Anak-Anak mengucapkan terimakasih kepada Presiden Jokowi atas belasungkawanya.

 

Papan Bunga Presiden Jokowi

 

Papan Bunga dari Bapak Marsudin Nainggolan

 

 

Keluarga Duka, Keluarga Besar Viktor Sirait mengucapkan Terimakasih

 

About Distrik Deboskab

Website resmi HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB (Depok - Bogor - Sukabumi - Kalimantan Barat)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.