Website HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB

Rapat Pendeta HKBP Distrik XXVIII Deboskab Di Kinasih Resort Caringin Bogor Resmi Dibuka Oleh Praeses Pdt Drs Berlin Tamba, M.Div

Ibadah Pembukaan Rapat Pendeta HKBP Distrik XXVIII Deboskab Tahun 2019

Rapat Pendeta HKBP Distrik Deboskab ( Depok-Bogor-Sukabumi-Kalimantan Barat ) di Kinasih Resort Caringin-Bogor Selasa-Kamis, 16-18 Juli 2019 resmi dibuka oleh Bapak Praeses, Pdt Drs Berlin Tamba, M.Div pada Selasa, 16 Juli 2019 Jam 15.00 Wib. Ibadah pembukaan dilayani oleh Pdt Marinda Purba, STh sebagai liturgis, Pdt Drs Pilian Panjaitan, M.Div ( Kabid Marturia ) sebagai pengkhotbah dan Pdt TP Panggabean, STh ( Mantan Praeses / Pendeta Pensiun ) sebagai pendoa syafaat.

Pdt Drs Pilian Panjaitan, M.Div dalam khotbahnya yang diambil dari Lukas 22 : 32 sekaligus Thema Rapat, ” Hutangianghon do ho unang mintop haporseaonmu”  ( Tetapi Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur.) mengatakan bahwa ada lima agar iman kita tidak gugur ( mintop ), atau iman kita tetap menyala ( galak ). Pertama Ibrani 11 : 1, Aku tetap percaya meski aku tidak melihat ( contoh si Tomas murid Tuhan Yesus ). Kedua, Aku tetap taat patuh meski aku tidak mengerti ( contoh seperti si Nuh yang diperintahkan Tuhan membuat Kapal Bahtera yang banyak orang dan dirinya tidak mengerti rencana Tuhan ). Ketiga, Aku memberi meski aku belum mempunyai ( contoh nya dulu membangun gereja mula-mula, jemaat memberi dengan iman walaupun ia tidak mempunyai banyak.). Keempat, Aku terus bertahan meski nampaknya sia-sia saja yang dilakukan ( contoh nya seseorang tidak bergeming  meski nampaknya tidak berhasil). Kelima Aku selalu bersyukur kepada Tuhan sebelum aku menerima. Hal iman ini harus bisa langsung kita praktekkan.

 

Tambahan nya lagi bahwa iman itu berarti Aku tetap percaya kepada Tuhan meski aku tidak dapat apa-apa. Karena saya tahu tentang kehendak Tuhan. Tuhan menjawab semua doa. Saya tahu bahwa Tuhan tidak selalu menjawab doa saya dengan cara yang saya harapkan. Tuhan mempunyai rencana baik untuk saya. Tuhan lebih tahu apa yang lebih baik untuk saya, karena itu saya tetap percaya padaNya. Bagaimana agar iman kita tetap menyala ? Ada  3 tugas kita. Pertama yakni agar semua pelayanan kita (pendeta) makin mengenal Yesus, dan makin mengasihi Yesus. Umur  HKBP sudah 158 tahun, bagaimana hubungan kita dengan Tuhan Yesus ? Lam tatanda Jesus, lam holong rohangta tu Ibana ? Bagaimana mengenal Tuhan ? Kita semua bisa mengetahui tentang Yesus, namun belum tentu kita mengenal Yesus.

Ketua Panitia, Pdt Alberd Manalu, STh melaporkan kehadiran peserta memenuhi kourum dan Sekretaris Pdt Nekson Simanjuntak, MTh menyerahkan palu sidang ke Praeses untuk dibuka secara resmi.

Intinya adalah kita tetap akrab kepada Yesus. Kedua, semua pelayanan kita hendaknya makin bertumbuh dan menjadi seperti karakter Yesus. Yang dua inilah basic pertumbuhan kita. Yang ketiga visi kita dan jemaat yakni bagaimana kita mengajak semua orang percaya agar  menjadi orang melayani Tuhan dan melayani orang lain dan bukan melayani diri sendiri. Dengan demikian visi kita selanjutnya adalah bagaimana semua jemaat menjadi orang yang bercerita tentang Yesus. Ketua Panitia, Pdt Albert Manalu melaporkan laporannya dalam ibadah pembukaan bahwa peserta yang hadir sebanyak  49 orang dari 53 orang yang diharapkan ( 92% yang hadir ), maka sudah memenuhi kuorum. ( Dan ditambah 10 orang pendeta pensiun di wilayah distrik ini ). Usai laporan, Pdt Nekson M. Simanjuntak, MTh menyerahkan palu sidang kepada Praeses untuk resmi dibuka. Praeses, Pdt Drs Berlin Tamba, M.Div pun membuka dengan resmi.

Acara dilanjutkan dengan acara yang sudah diatur oleh panitia dengan terlebih dahulu dengan orientasi dan penetapan tata tertib dan run down acara.  Sessi pertama dengan narasumber Pdt Gomar Gultom, MTh ( Sekum PGI ) dengan topik ” Teologi Digital : HKBP Menyongsong Pelayanan Berbasis Digital Menghadapi Revolusi Industri 4.0.”

 

Pdt Gomar Gultom, MTh Sekretaris Umum PGI memberikan Sessi I dengan topik ” Pendeta HKBP Belajar dan Bergegas Melaksanakan Tugas Panggilan agar Iman tidak jatuh pada Era Revolusi Industri Keempat ( 4.0 )

About Distrik Deboskab

Website resmi HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB (Depok - Bogor - Sukabumi - Kalimantan Barat)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.