Website HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB

Rapat Seksi Pengembangan Panitia Taon Ulaon Parasinirohaon Di Rumah Bapak Saibun Sinaga Bahas Upaya Pencapaian Anggaran Dana Renovasi Rumah Dinas Praeses/Distrik

  • Praeses Berharap Rencana Realisasi Renovasi Rumah Dinas Praeses / Distrik memperoleh dukungan semua Pendeta Resort, Warga HKBP sebagai Donateur dan Panitia Taon Ulaon Parasinirohaon Distrik XXVIII Deboskab 2019.  

Rapat Seksi Pengembangan Panitia Taon Ulaon Parasinirohaon HKBP Distrik XXVIII Deboskab 2019 di rumah Keluarga Bapak Saibun Sinaga berjalan dengan baik, Jumat 15 Maret 2019 jam 19.00 Wib. Keluarga Bapak Sinaga menyambut kedatangan tamu peserta rapat dengan beramah tamah sembari menunggu kehadiran semuanya lengkap. Tanpa terasa menunggu, tiba pada pukul 18.30 Wib  tamu peserta rapat diawali ajakan makan malam yang sudah dihidangkan Ny. Sinaga Br. Silaen dengan doa makan  dipimpin Pdt Ligat Simbolon, STh. Usai makan malam dilanjutkan dengan Rapat di salah satu ruangan khusus yang sudah dipersiapkan. Rapat dibuka dengan doa oleh Bapak Pdt Dr Jusen Boangmanalu. Rapat dihantar dan diarahkan  dengan kata pembuka dari Bapak Praeses Pdt Drs Berlin Tamba, M.Div terkait maksud dan tujuan serta sasaran diadakannya rapat tersebut. Praeses menyampaikan arahan bahwa rapat ini dilaksanakan sesuai dengan koordinasi di kantor distrik di hari yang lalu dan sesuai tindak lanjut rapat perdana Panitia Taon Ulaon Parasinirohaon pada Rabu 06 Maret 2019 yang lalu di HKBP Depok I. Terkait informasi program secara umum  di kepanitiaan Taon Ulaon Parasinirohaon nanti Bapak St Siregar akan berbicara menyampaikan hal tersebut kepada kita. Namun untuk rapat kali ini kita bahas terkait renovasi  rumah dinas praeses yang sudah banyak rusak ( ai nunga marrobung ) dan sudah banyak yang bocor-bocor apalagi bila ketika hujan turun. Demikianlah kondisi rumah dinas saat ini. Sedangkan terkait  bagaimana pengembangan proses pengurusan sertifikat memang pada prinsipnya kita sudah setujui merencanakan membuat usaha sertifikat Kantor Distrik  dalam hal ini telah kita serahkan nanti kepada Bapak Saibun Sinaga selaku Ketua Pengembangan Kantor Distrik untuk menyampaikannya di rapat ini juga dan perlu kita bahas bersama pula bagaimana cara pencapaiannya, ucapnya. Terkait hal renovasi rumah praeses sudah perlu untuk kita bahas pada rapat ini dulu, ditambah lagi semangat kita dari seorang sintua kita dari Pontianak Kalbar yang menyumbangkan dana untuk renovasi tersebut sebesar lima puluh juta rupiah. Jadi bila kita tidak merealisasikan hal renovasi rumah dinas  sampai  keadaan pada sinode distrik di tahun 2019 ini, maka tentunya sepertinya ada kesan kurang baik, Sekarang marilah kita diskusikan bersama dan kita buat juga gambaran anggaran yang diperlukan, ucap Praeses.

Rapat Seksi Pengembangan Panitia Taon Ulaon Parasinirohaon di Ruangan Rapat di Rumah Kel. Bapak Saibun Sinaga / Ibu Br. Silaen . Jumat, malam 15 Maret 2019

Usai penyampaian arahan dari Bapak Praeses, para peserta rapat pun memberi tanggapan, masukan dan pemikiran menjawab pembahasan tersebut dalam diskusi yang penuh keseriusan. Yang hadir pada rapat tersebut semua Kabid, Bapak Pdt Drs Pilian Panjaitan, M.Div ( Kabid Marturia), Bapak Pdt Dr Jusen Boangmanalu ( Kabid Diakonia ), Bapak Pdt Ligat Simbolon, STh ( Kabid Koinonia ),  Bapak St. Ir. Marangkup Manik ( Bendahara Distrik ), Bapak St. Jono Siregar ( Ketua Panitia Taon Ulaon Parasinirohaon Distrik ), Bapak Saibun Sinaga ( Ketua Panitia Pengembangan Kantor Distrik ), dan Bapak St Robert Gultom ( Sekretaris Distrik ) sedangkan Bapak Pdt Nekson Simanjuntak, MTh ( Sekretaris Panitia Taon Ulaon Parasinirohaon ) berhalangan hadir karena ada kegiatan di HKBP Resort Depok I. Bapak Saibun Sinaga mengatakan berarti ada 2 ( dua ) target yang mau kita capai sesuai dengan arahan Praeses. Pertama pengurusan pencapaian usaha dan biaya sertifikasi Kantor Distrik dan kedua pengurusan pencapaian usaha dan biaya renovasi rumah dinas. Sekarang tergantung kitalah mana yang lebih prioritas untuk kita capai, ucapnya. Bapak St.Ir. Marangkup Manik mengatakan bahwa biaya estimasi biaya pengurusan sertifikasi kantor distrik sudah dibicarakan dan sudah ditetapkan pada tahun 2018 lalu dan anggaran itu masih tetap sampai hari ini, tinggal bagaimana menyikapinya dalam realisasi penggalangan dananya  untuk pencapaiannya. Terkait estimasi anggaran biaya renovasi rumah dinas praeses tergantung kebutuhan bagian apa dan yang mana saja yang mau diperbaiki dan untuk itu saya akan menugaskan seorang tukang untuk mensurvey dan membuat anggarannya. Memang kondisi rumah dinas tersebut sudah berumur 40-an tahun yang tentunya sudah sepatutnya untuk direnovasi dan bisa dilaksanakan bertahap-tahap atau secara cepat hal itu  tergantung dana keuangan yang ada dan penggalangan yang sedang diupayakan. Rapat berjalan hingga dua jam dengan dinamika diskusi oleh semua peserta rapat dan cenderung makin mempertajam dan mempertimbangan segala sesuatu dengan keyakinan dan harapan kiranya di tahun 2019 semuanya dapat tercapai dengan semaksimal mungkin. Strategi dan pendekatan kepada semua pihak sangat diperlukan dalam pencapaian tersebut.

 

Masing-masing peserta rapat memberikan pengalaman dan contoh-contoh upaya penggalangan dana yang paling memungkinkan.  Rapat diakhiri dengan memutuskan akan menyampaikan beberapa opsi sumber penggalangan dana yang paling memungkinkan dan mumpuni. Hal ini akan disampaikan oleh Praeses, Ketua Panitia pada rapat berikutnya baik itu di momen konvent ke depan,  di kepanitiaan Taon Ulaon Parasinirohaon pada hari Selasa 19 Maret 2019 di Depok I maupun pada rapat-rapat koordinasi di kantor distrik.    Demikian rapat ini berlangsung dengan harapan agar semua warga dan para pelayan se- Distrik ini mendukung dalam doa dan dana ke depannya. Rapat ditutup dengan ucapan terimakasih kepada tuan rumah dan doa oleh Bapak Praeses. Usai doa semuanya bersalam-salaman kembali pulang pada pukul 21.00 Wib. ( 01/pdtls )

About Distrik Deboskab

Website resmi HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB (Depok - Bogor - Sukabumi - Kalimantan Barat)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.