Website HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB

Syukuran Bona Taon Lansia HKBP Depok 1 Penuh dengan Sukacita

Syukuran Bona Taon Kategorial Lanjut Usia (Lansia) HKBP Depok 1 berjalan dengan baik dan penuh sukacita pada hari Kamis, 15 Pebruari 2019 di Gedung Serba Guna dimulai pukul 09.30 Wib. Acara dimulai dengan kebaktian oleh Pdt Ligat Simbolon, STh sebagai liturgis (Kabid Koinonia), pendoa syafaat Pdt Nekson Simanjuntak, MTh (Pendeta Resort Depok 1), sedangkan pengkhotbah Bapak Praeses Pdt Drs Berlin Tamba, M. Div.

Praeses dalam khotbahnya yang di ambil dari Kitab Kejadian 12 : 1-9 mengatakan bahwa kita patut bersyukur merayakan tahun baru oleh karena kita hidup hanya karena kasih sayang Tuhan. Bagaimana kita mensyukuri tahun 2019 ini? Kita patut meneladani Abram dipanggil Tuhan pada usia 75 tahun untuk pergi ke Tanah Perjanjian. Bagi usia lansia hal itu sama dengan umur Abram yang berusia 75 tahun yang sudah mapan dan mensyukuri atas kehidupannya.

Sebelum ia dipanggil Tuhan untuk pergi meninggalkan kampungnya, ia seorang yang sukses dengan segala hartanya. Abram bersedia meninggalkan kemapanannya, tradisinya termasuk imannya yang lama yang menyembah patung. Abram dengan iman percaya penuh dan dengan memegang kepastian akan janji Tuhan akan memberkatinya dan keluarganya. Inilah keberanian dan iman percaya Abram akhirnya disebut bapak orang percaya. Kita patut meneladani Abram. Dia diberkati Tuhan dan ia menjadi berkat.

Marilah kita mensyukuri hidup kita sama seperti Abram dan yakin percaya akan pemeliharaanNya disepanjang jalan. Abram juga membangun kebersamaan dan tidak memikirkan dirinya sendiri. Dia membawa istrinya Sarah, anak abangnya si Lot, para hambanya untuk ikut pergi ke Tanah Perjanjian agar semuanya selamat. Abram mendirikan mezbah Tuhan bagi keluarganya meskipun hidupnya berpindah-pindah (nomaden). Abram membangun mezbah  Tuhan di Bethel dan memanggil nama Tuhan. Ada hubungan yang dekat dengan Tuhan karena Ia sumber kekuatan dan berkat. Demikanlah dengan perjalanan hidup kita di tahun baru dan seterusnya untuk tetap membangun kebersamaan, penyembahan kepada Tuhan dan menjadi berkat bagi semua orang.

 

Syukuran Bona Taon Lansia HKBP Depok 1

Syukuran Bona Taon Lansia HKBP Depok 1

Usai kebaktian dilanjutkan dengan kata-kata sambutan yang sudah diatur protokol ibu St. Martha br. Hutahaean. Ketua Lansia HKBP Depok 1 yang juga adalah Ketua Lansia Distrik, Bapak St. WM Sitorus dalam sambutannya mengatakan puji syukur pada Tuhan dan terimakasih atas terselenggaranya kegiatannya ini yang dihadiri oleh Praeses, Kabid Koinonia, Pendeta Resort Depok 1, para lansia depok 1, dan juga pengurus lansia distrik. Kami mengundang pengurus lansia agar dapat bersama mensyukuri tahun baru ini. Kami mengucapkan selamat ulang tahun bagi anggota lansia yang berulang tahun. Lansia depok 1 juga berencana akan merayakan ulang tahun lansia depok 1 yang ke-13, dilaksanakan minggu pertama bulan April 2019. Kami juga akan berencana mengundang utusan-utusan gereja untuk menjalin kebersamaan di distrik Deboskab ini. Usai kegiatan ini pengurus lansia distrik akan mengadakan rapat dalam membahas program internal di tahun 2019 ini.

 

Syukuran Bona Taon Lansia HKBP Depok 1

Syukuran Bona Taon Lansia HKBP Depok 1

 

Pdt Nekson Simanjuntak, MTh selaku Pendeta Resort Depok 1 menyampaikan puji syukur dan terima kasih kepada Praeses, para lansia yang hadir dan pengurus lansia distrik yang ikut dalam kebersamaan bona taon ini. Kegiatan ini juga bagian dari tindak lanjut pengembangan lansia karena bapak St. WM Sitorus telah diutus distrik ini dengan tujuan dapat membawa pertambahan hidup kerohanian dan kegiatan-kegiatan lansia distrik ke depan.

Saya mengajak para lansia agar ikut meniru cerita seorang lansia yang terus menyanyikan lagu Buku Ende No. 207 ‘Sai Tiop Tanganku’ sebelum ia tidur dengan maksud agar Tuhan senantiasa menuntun dan menjaga perjalanan hidupnya. Mari kita menyanyikannya lagu tersebut bersama-sama, ucapnya. Dan semua yang hadir pun spontanitas  menyanyikan dengan semangat.

Khusus lansia depok 1 saya usulkan untuk kegiatan PA Lansia di tahun 2019 dilakukan dengan pengadaan dan memakai meja bundar dengan memakai dana spontanitas dari partisipasi sesama anggota lansia tanpa memakai kas gereja sebagaimana yang dilakukan oleh lansia di HKBP Kebayoran baru. Sehingga diskusi lebih nyaman dan lebih baik ke depan.

Demikian juga kata sambutan dari salah seorang lansia ikut menyampaikan apresiasi kegiatan ini dengan baik dan semoga makin bertambah peserta lansia ke depannya. Kegiatan ini dilanjutkan dengan makan bersama dengan doa yang dipimpin Pdt Marinda Purba.

Kebaktian menampilkan juga Koor lansia dengan judul ‘Sampai Putih Rambutku’ yang dipimpin St. Martha Hutahean dan organis kebaktian oleh Pdt ARI T Tambunan. Suasana penuh dengan sukacita dan bersalam-salaman sebelum pulang terlebih lagi ditambah dengan suasana kepada anggota lansia yang berulang tahun sama-sama merayakannya dengan pemotongan kue ulang tahun yang telah disediakan yang dihadiri tujuhpuluhan orang. Turut hadir Pdt France Simanjuntak dari HKBP Ciluar. (01/pdtls)

About Distrik Deboskab

Website resmi HKBP Distrik XXVIII DEBOSKAB (Depok - Bogor - Sukabumi - Kalimantan Barat)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.